Selasa, 10 September 2013

Tips metode belajar yang efektif

Cara Belajar yang Baik. Jika mendekati ujian semester bagi siswa SMP maupun SMA.
Tentunya orang tua lebih memperhatikan dan menerapkan cara belajar yang  baik bagi anaknya, agar 
mendapat hasil belajar yang memuaskan. Berikut tips belajar yang efektif:

1. Metode Mencatat
Anda pasti tau bukan kalau otak manusia bukan seperti otak robot? sekali terprogram A terus berjalan A. Otak manusia ada batasnya. Ada kalanya manusia lupa. Oleh sebab itu Metode mencatat menjadi hal terbaik yang dapat digunakan sebagi metode belajar anda. Anda bisa menulis hal-hal yang penting saja ketika anda membaca ataupun mendengarkan apa yang guru ajarkan. Dengan metode ini, sewaktu-waktu anda bisa mengulang kembali apa yang telah guru sampaikan kepada kita.

2. Mengulang Apa yang telah kita pelajari
Belajar sekali saja tidaklah cukup untuk bisa memahami apa yang kita inginkan. Mengulang merupakan salah satu hal yang sangat bagus untuk bisa memahami apa yang kita pelajari. Coabalah untuk membaca kembali apa yang telah kita tulis dan kita pelajari sehari 1-3 kali. Hal itu pasti akan berdampak sangat bagus untuk metode belajar anda.

3. Belajar Kelompok
Ada tanggapan positif dan negatif mengenai belajar kelompok. Belajar kelompok sering dijadikan moment untuk kumpul bareng, bukan waktu untuk belajar. Namun jika hal tersebut bisa dicegah, belajar kelompok akan mempermudah anda untuk memahami apa yang anda pelajari karena bisa saling share dan bertanya bila ada yang belum paham. Ada kalanya siswa yang takut bertanya ketika sedang dikelas, namun dengan adanya belajar kelompok, setidaknya siswa tersebut berani menanyakan hal yang mungkin belum paham kepada teman2nya, begitu juga yang sudah paham. Dengan mencoba untuk menerangkan kembali kepada teman yang belum paham akan membuat apa yang kita sampaikan menjadi lebih paham dan nancap pada otak kita.

4. Pahami bukan Dihafal
Seperti yang gakbasi tadi paparkan diatas menghafal bukanlah metode yang baik untuk digunakan dalam metode belajar anda. Menghafal kuranglah efektif, namun apabila memang perlu untuk Sistem Kejar Semalam, hal tersebut bolehlah sesekali dilakukan dengan metode menghafal.

5. Belajar Rutin tidak perlu lama
Belajar rutin jangan diasumsikan menjadi sesuatu beban yang sangat berat. Belajar rutin tiadklah harus berjam-jam namun bisa dilakukan 30 menit di pagi hari, lalu sore hari dan malam hari. Hal seperti ini akan lebih baik daripada 3 jam belajar secara sekaligus.

6. Niat dan kesadaran untuk belajar
Ketika kita melakukan sesuat tanpa ada niat, hal tersebut tidaklah akan berjalan dengan baik. Begitu juga dengan belajar, tanpa adanya niat dan kesadaran untuk belajar, tidaklah akan menjadi orang yang pandai selamanya. Beda ketika anda meskipun tidak pandai, namun dengan belajar rutin, anda akan lebih pintar dari orang-orang pintar di sekeliling anda.

Sekian artikel tentang metode belajar yang efektif semoga bermanfaat bagi kalian semua.


Dikutip dari:gakbasi.com

Selamat Hari Batik Nasional 2 oktober 2013

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini berdasar...