Senin, 24 April 2017

Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Mari Tingkatkan Amal



مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ


”Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

Marhaban ya Ramadhan, datangnya bulan suci penuh keberkahan ini tinggal menghitung hari. Keutamaan bulan Ramadhan tidak disangsikan lagi, mulai dari keberkahan, pahala suatu amal yang dilipatgandakan, serta ada satu malam di dalamnya yang keutamaannya lebih dari seribu bulan. Siapa yang terhalang kebaikan darinya, termasuk dalam golongan yang merugi.

Menjeleng Ramadhan tiba,  setiap muslim seharusnya merasa gembira  dengan beragam keutamaan tersebut. Siapa yang ingin mendapatkan hasil baik di bulan Ramadhan, maka ia harus menyiapkan dengan baik bekal-bekalnya. Apa saja persiapan sambut Ramadhan? Berikut ulasannya.

1. Berdoa Panjang Umur Agar Sampai Pada Ramadhan Tahun Ini

Siapa yang tahu dengan ajal, malaikat maut bisa datang kapan saja bahkan sehari pra Ramadhan menjemput kita. Untuk itu, berdoalah agar Allah SWT memanjangkan usia kita sehingga bisa menyampaikan umur kita kepada bulan yang mulia ini dalam kondisi sehat wal ‘afiat. Sehingga ia bisa mengisi Ramadhan dengan puasa, qiyam, zikir, tilawah, dan amal-amal shaleh lainnya dengan maksimal.  Ini juga dilakukan oleh sahabat nabi bahkan sejak enam bulan sebelum Ramadhan.

2. Berniat untuk Mendapatkan Ridho Allah SWT

Sebenarnya baik atau buruknya suatu amalan tergantung kepada niatnya. Untuk itu, sebelum memasuki bulan Ramadhan, sudah selayaknya kita meluruskan niat untuk menjalani segalam amalan pada bulan suci nanti demi mendapatkan Ridho Allah SWT. Dengan niat yang benar dan ikhlas karena mengharap ridho Allah maka insya Allah puasa kita akan berkualitas.

3. Menjaga Hati Setiap Kaum Muslim

Memasuki bulan yang suci, sudah seharusnya hati kita juga suci. Salah satunya selalu menjaga hati setiap kaum muslim.  Tidak heran jika menjelang Ramadhan biasanya ada tradisi saling meminta maaf diantara sesama kaum muslimin.

4. Rutin Melakukan Amalan Wajib Jelang Ramadhan

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, sebaiknya kita memperhatikan amalan-amalan wajib. Misalnya saja seperti shalat berjamaah lima waktu, atau melakukan shalat berjamaah di Masjid.

5. Meningkatkan Khazanah Keilmuan

Setiap Muslim diwajibkan membekali diri dengan ilmu ketika hendak beribadah kepada Allah. Harapannya agar amal ibadah yang dilakukannya sesuai dengan tuntunan Islam. Demikian halnya ibadah di bulan Ramadhan terutama puasa, kita harus mengetahui rukun dan hal-hal yang dapat merusak ibadah puasa. Perintah berilmu juga merupakan perintah Allah, sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al-Anbiya’ [21]: 7,

Artinya:  “Maka bertanyalah pada orang-orang yang berilmu jika kalian tidak mengetahui.

6. Merutinkan Shalat Malam

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, sebaiknya membiasakan diri untuk bisa shalat malam. Karena hadits nabawi menyebutkan keutamaan malam bulan Ramadhan dengan qiyamullail atau shalat tarawih.

7. Membiasakan Berdzikir Kepada Allah

Bekal lain yang tidak kalah urgensinya adalah zikrullah 'Azza Wa Jalla. Dengan zikrullah ini seorang muslim akan dimudahkan dalam menjalankan berbagai aktifitas ibadahnya.
Load disqus comments

0 komentar