Selasa, 13 Agustus 2013

Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Ribuan Perhari



Bagi webmaster pasti akan merasa senang apabila blog/web yang dikelolanya itu ramai dikunjungi ribuan orang setiap harinya. Tentu saja tingginya trafik tersebut tidak datang dengan sendirinya, melainkan ada usaha yang keras dalam me-manage sebuah blog/web. Mungkin tidak hanya segi usaha/tenaga saja yang ia korbankan, tapi juga waktu, uang, pemikiran, dan masih banyak lagi.Ada banyak keuntungan jika trafik blog/web tinggi antara lain (i) kita bisa memonetisasi blog/web tersebut, misalnya dengan menyewakan sebagian space untuk iklan, (ii) kita akan memperoleh penghasilan yang tinggi apabila mengikuti program Pay Per Click (PPC), (iii) blog kita bisa dikenal oleh orang banyak, dan masih banyak lagi.

















Apakah anda juga ingin mempunyai blog yang ramai pengunjung? Saya-pun berharap demikian. Oleh karena itu, kita harus berusaha semaksimal mungkin agar blog/web kita bisa mempunyai jumlah trafik yang tinggi. Berikut saya jelaskan tips sederhana tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung dengan Jumlah Kunjungan Ribuan Perhari.
Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Ribuan Perhari
Gunakan Domain TLD
Apa itu domain TLD? adalah singkatan dari Top Level Domain (TLD). Ini merupakan domain berbayar yang bisa kita beli/sewa di toko web hosting. Domain TLD misalnya seperti dot com, dot net, dot org, dan masih banyak lagi. Kelebihan menggunakan donain TLD adalah mempunyai url yang pendek sehingga mudah diingat oleh orang. Selain itu eksistensi domain ini mampu dan siap bersaing dengan website/blog besar di mesin pencari.

Biasanya domain TLD sering muncul pada halaman pertama pada Search Engine Result Page (SERP) Google, sehingga memungkinkan mendatangkan banyak pengunjung ke blog/web kita. Tentu saja, kita perlu membeli domain tersebut untuk digunakan sebagai domain blog/web kita.

Gunakan Hosting Premium
Selain domain berbayar, yang tak kalah penting adalah penggunaan hosting premium. Kenapa kita harus menggunakan hosting ini? Karena laman web/blog lebih SEO Friendly dibandingkan dengan blog/web gratisan. Selain itu, blog/web yang menggunakan hosting premium akan cepat memperoleh backlink. Oleh karena itu mengapa sering kali kita menjumpai blog/web yang mempunyai pagerank tinggi, karena hosting yang mereka gunakan adalah berbayar.
Buat Web/Blog Multi Konten
Blog/web multi konten sering disebut sebagai blog gado-gado. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa blog multi konten akan banyak mendatangkan visitor. Hal itu disebabkan blog tersebut mempunyai kueri pencarian (kata kunci) yang beranekaragam. Sehingga pengguna internet bisa dengan mudah menemukan blog/web yang mempunyai kueri pencarian terbanyak.

Point ini terinspirasi dari berita/surat kabar online. Kenapa website media massa online sering menduduki peringkat pertama pada SERP Google? Karena portal berita online mempunyai multi konten. Misalnya ada ekonomu, kesehatan, pendidikan, teknologi, dan masih banyak lagi itu dikemas dalam satu website.
Buat Artikel yang banyak dicari orang
Artikel yang banyak dicari orang itu apa saja? Tentu saja artikel yang berguna bagi pengguna internet. Visitor adalah pencari informasi, sedangkan webmaster adalah pemberi informasi. Oleh karena itu, kita (sebagai pengelola blog) harus tahu apa saja informasi yang dicari oleh visitor.

Nah, biasanya visitor mencari informasi dengan bantuan mesin pencari seperti Yahoo! Google dan kawan-kawan. Oleh karenay kita harus bisa memperkirakan kira-kira "kata kunci" apa yang mereka ketik di search engine. Dari situlah kita bisa tahu informasi apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu akan ada banyak bahan yang bisa kita gunakan untuk menulis sebuah artikel di blog kita.
Buat Artikel Original
Artikel fresh lebih cenderung disukai oleh mesin pencari, misalnya Google. Sedangkan artikel hasil copy-paste akan dianggap spam, sehingga artikel tersebut sulit terindeks pada SERP Google. Memang menulis artikel original itu tidak mudah. Butuh latihan yang lama. Namun, apabila artikel kita sudah bisa dibaca dan dipahami oleh orang lain, menurut saya itu sudah bagus, meskipun penggunaan bahasa dan struktur kalimat masih kacau.
Update Blog Secara Teratur
Agar posisi blog/web stabil di mesin pencari tidak ada salahnya kita update blog secara teratur. Malah hal itu sangat dianjurkan. Hal itu disebabkan mesin pencari cenderung menampilkan posting terbaru pada laman hasil pencariannya. Bagaimana caranya agar kita bisa update blog secara teratur? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan misalnya kita atur jadwal publikasi artikel postingan secara teratur. Setiap hari kita update artikel pada jam/waktu yang sama.
Optimasi Mesin Pencari (SEO)
Selain kita rajin update artikel pada web/blog kita, kita harus mengusahakan dan mempraktekkan teknik SEO. Seperti kita tahu bahwa visitor mencari informasi dengan menggunakan bantuan search engine. Oleh karena itu kita harus mengusahakan agar blog/web kita bisa menduduki halaman pertama SERP Google. Dengan begitu maka akan dapat mendatangkan banyak visitor.
Manfaatkan Jejaring Sosial
Selain kita menggantungkan datangnya visitor dari mesin pencari, kita juga harus mengoptimalkan penggunaan jejaring sosial. Caranya bagaimana? kita bisa share postingan kepada pengguna jejaring sosial agar mereka mau berkunjung di blog kita. Banyak jejaring sosial yang mempunyai member sangat besar, misalnya Facebook, Twitter, Googl+, dan masih banyak lagi.

Pasang Widget yang Mendukung Pageview
Widget yang mendukung pageview blog itu apa saja? Adalah posting terkait, posting terbaru, posting populer, arsip, dan masih banyak lagi. Kenapa widget tersebut perlu dan penting untuk dipasang? Hal itu tentu saja dapat memberikan referensi bacaan kepada pengunjung lebih banyak lagi. Sehingga ketika mereka membaca satu posting itu bisa membaca posting yang lainnya juga, tidak langsung pergi. Sehingga dari situlah hal itu akan meningkatkan jumlah pageview blog, dan pada gilirannya akan meningkatkan trafik blog.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Ribuan Perhari. Semoga dapat bermanfaat.


Selamat Hari Batik Nasional 2 oktober 2013

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini berdasar...