Jumat, 18 April 2014

Tips makan yang bikin sukses saat ujian

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, ujian merupakan hal penting dalam dunia pendidikan Anda. Anda pun mempersiapkan yang terbaik dalam menghadapi ujian yang sedang berlangsung.

Makanan sangat berpengaruh dalam memperkuat daya ingat dan daya hafal, untuk itu perlu diperhatikan beberapa makanan yang perlu kita konsumsi agar makanan kita mempunyai multi fungsi yaitu mengenyangkan dan bermanfaat.




Untuk itulah, berikut adalah tips makan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak Anda:


Makan secara rutin
Selama masa ujian, Anda harus makan secara teratur dan sehat. Makan teratur akan membuat tubuh dan otak Anda dipenuhi dengan nutrisi yang merupakan kebutuhan penting untuk ujian Anda.

Jangan melewatkan sarapan
Jam makan yang paling penting ketika ujian adalah sarapan. Serta Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat saat sarapan yaitu berupa kombinasi sehat antara serat, protein, dan kalsium. Buah, buah-buahan kering, susu, dan gandum adalah menu yang baik untuk sarapan.

Perbanyak makan buah
Jangan lupa untuk mengonsumsi buah di dalam menu Anda. Buah mengandung gula alami yang baik untuk memberikan energi di dalam otak untuk berpikir. Buah-buaha seperti blueberry mengandung nutrisi dan antioksidan yang kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Konsumsi sayuran berwarna hijau tua
Sayuran yang memiliki warna hijau tua mengandung antioksidan yang paling banyak dibandingkan dengan sayuran lainnya. Sayuran jenis ini mampu meningkatkan fungsi otak Anda. 

Ngemil sehat
Tidak ada salahnya apabila Anda ngemil selama belajar. Namun pilihlah menu camilan yang sehat dan segar. Sebab mengonsumsi menu camilan yang terlalu banyak gula, garam, atau minyak malah akan membuat tubuh Anda cepat lelah sebab tubuh dituntut untuk mencerna makanan tersebut lebih keras.

Hindari mengonsumsi suplemen
Hindarilah mengonsumsi suplemen saat ujian walaupun banyak yang menyarankan. Sebab sebenarnya yang Anda butuhkan hanyalah makanan dan minuman sehat yang tidak akan memberikan efek samping apapun pada tubuh Anda.

Perbanyak minum air
Meminum banyak air saat ujian adalah hal yang sangat penting agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Selain air putih, tidak ada salahnya apabila Anda meminum air kelapa, teh hijau, atau air tebu yang kaya akan antioksidan. Hindari mengonsumsi minuman soda atau berkafein yang dapat meningkatkan asam lambung Anda meningkat.

Selain belajar dengan baik, makan makanan sehat selama ujian juga adalah hal yang penting. Oleh karena itu coba terapkan tips sehat di atas agar ujian Anda sukses.


Sumber: merdeka.com

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com