Rabu, 16 April 2014

Susu Kedelai Fermentasi,Penunjang Nutrisi Sang Bayi

Manfaat Susu Kedelai Fermentasi

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan formulasi susu kedelai fermentasi sebagai bahan makanan penunjang nutrisi bayi.

"Kami mengembangkan produk penunjang nutrisi alternatif tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengatasi dan mencegah malnutrisi pada bayi," kata peneliti Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Indyah Sulistya Utamy di Yogyakarta, Kamis (10/4).

"Kedelai memiliki beberapa kelebihan dibandingkan susu murni sebagai bahan pokok pembuatan makanan bayi. Susunan asam amino pada kedelai ekuivalen dengan susu murni," katanya.

Selain itu, kata dia, susu kedelai yang sudah difermentasi dapat mengurangi oligosakarida sehingga kandungan protein lebih mudah dicerna. Susu kedelai yang sudah difermentasi selanjutnya dilakukan proses penepungan agar bisa dibuat susu dalam bentuk bubuk.

Meskipun belum diluncurkan, produk itu nanti akan dikemas dalam bentuk minuman dengan bahan baku susu kedelai fermentasi yang dicampur dengan beras fermentasi.

"Produk itu juga akan ditambahi dengan tambahan mineral dan vitamin sesuai dengan standar makanan untuk balita. Kami belum bisa memastikan kapan produk tersebut dipasarkan secara komersial," katanya.

Ia mengatakan angka malnutrisi pada balita di Indonesia yang masih cukup tinggi mengundang keprihatinan sebagian kalangan peneliti di perguruan tinggi.

"Data Kementerian Kesehatan pada tahun 2012 menyebutkan sekitar 900 ribu balita di Indonesia mengalami malnutrisi. Selain itu, bahan pokok pembuatan makanan bayi yang masih bertumpu pada susu impor juga menjadi masalah tersendiri," katanya.

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com