Rabu, 16 April 2014

Cara alami Turunkan Kolesterol

Kolesterol saat ini menjadi musuh bagi sebagian masyarakat yang pola hidup tidak teratur. Mulai dari pola makan yang tidak sehat menjadi pemicu kolesterol dan bisa berimbas pada kesehatan jantung.
Timbulnya penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi dan masalah metabolik lain di akibatkan oleh terganggunya kinerja tubuh untuk mengirim nutrisi makanan melalui darah ke seluruh tubuh.

Apa saja langkah yang dilakukan untuk mencegah resiko kolesterol secara alami?

Mengubah Pola Makan
Jika Anda terbiasa makan sepiring nasi penuh dengan lauk pauk, ganti pola makan dengan asupan nabati seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Mengganti asupan dengan kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan sehat.

Cukupi kebutuhan Vitamin D
Kekurangan vitamin D berhubungan dengan kolesterol tinggi. Kemampuan tubuh untuk membentuk vitamin D dari sinar matahari berkurang seiring bertambah umur. Lakukan pemeriksaan vitamin D dalam darah, jika rendah, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau suplemen.

Periksa Kadar Gula Darah
Moms, memeriksa kadar gula darah terutama di usia lebih dari 20 tahun perlu lho. Tingkat glukosa yang tinggi dapat menyebabkan tingginya tingkat kolesterol jahat dan trigliserida tinggi (lemak dalam darah yang berbahaya dan merupakan sisa kolesterol).

Kurangi Konsumsi Gluten
Sebaiknya Anda mengurangi  makanan yang terbuat dari tepung dan gandum. Gluten adalah kandungan makanan yang terdapat dalam pati, misalnya tepung. Produk-produk gandum mengandung gluten tinggi, jadi tidak selamanya makanan yang terbuat dari gandum itu sehat. Hal yang sama terdapat dalam daging tiruan untuk para vegetarian.

Olahraga Rutin
Olahraga memang bisa dijadikan tameng penangkal berbagai penyakit. Latihan olahraga ringan selama 10-30 menit untuk mengeluarkan keringat bisa menurunkan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi dan menyehatkan jantung juga pembuluh darah. Anda bisa memulainya dengan jogging di sekitar rumah atau jalan kaki cepat.

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com