Sabtu, 07 September 2013

beberapa tips menjaga kesehatan mata

Bagaimana kabarnya teman semua?
Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang tips menjaga kesehatan mata.

Mata sering dianggap sebagai jendela jiwa. Pada dasarnya panca indera penglihatan ini berfungsi untuk mendeteksi cahaya. Kemudian dapat melihat sekelilingnya gelap atau terang. Lebih kompleksnya mata dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.
Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan mata agar berfungsi dengan baik.




Dibawah ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata :

Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

Bayam
Bayam kaya akan kandungan vitamin A-nya. Bayam dan juga sayur-sayuran berdaun hijau lainnya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk mata.

Kubis/daun kol
Kubis atau daun kol mengandung vitamin A, juga lutein, dan zeaxathin.

Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan lycopene tinggi, yang mana keduanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.

Telur
Telur memiliki banyak nutrisi berharga untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan juga cysteine.

Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium, vitamin C dan quercetin. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Alpukat
Alpukan adalah salah satu jenis buah yang mengandung sangat banyak nutrisi dibanding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi. Lutein adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula.  Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Wortel
Seperti telah diketahui, wortel sangat kaya akan vitamin A, yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Biji bunga matahari
Jenis makanan yang sering jadi cemilan ini mengandung banyak selenium, yang mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat bagi anda semua.

Selamat Hari Batik Nasional 2 oktober 2013

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini berdasar...