Sabtu, 08 September 2012

Ini Rahasia Saya Mencegah Virus Masuk ke Laptop/PC


Ini Rahasia Saya Mencegah Virus Masuk ke Laptop/PC

ikuti lewat facebook klik disini facebook.com


Percaya atau tidak, Laptop saya yang umurnya sudah hampir 2 tahun dari awal saya beli gak pernah kena virus sekalipun, suer. Dan saya heran sama beberapa laptop di kantor saya yang umurnya belum genap 6 bulan sudah harus diinstall ulang gara-gara virus benar-benar merong-rong sistemnya sampai beberapa fitur dasar tidak bisa digunakan lagi, for example setting IP jaringan yang gak bisa dibuka sama sekali.

Kalo kamu mengalami hal yang sama, ini saya kasi tahu rahasia menakjubkan mengapa laptop saya gak pernah kena virus sedikitpun.
Pasang kombinasi Antivirus
Memasang Antivirus itu wajib hukumnya karena itu ibarat rompi anti peluru, kalau gak dipake ya koit sudah saat ada peluru virus menembus badan laptop. Tetapi yang perlu diperhatikan disini adalah lakukan pemasangan kombinasi Antivirus alias pasang 1 antivirus lokal dan 1 antivirus luar.
Hal ini dilakukan untuk mendeteksi virus internasional maupun virus lokal karena biasanya AV(Antivirus) Internasional malah gak bisa mendeteksi Virus lokal, begitu sebaliknya. Belakangan yang terjadi adalah virus lokal efeknya lebih ganas dibandingkan virus Internasional. Kalau laptop saya memakai kombinasi Avast Free dan Smadav free. Terserah kalo kamu ingin memakai yang full service dengan membeli atau memakai versi “crack”, yang pasti versi free nya masih melindungi saya dari virus-virus lokal.
Rajin Update
Poin ini selalu diremehkan setiap orang. Maling kadang selalu selangkah lebih maju dari polisi, maka dari itu seringkali terjadi tindak pencurian atau perampokan. Begitupula virus, si pembuat virus akan selalu mengupdate virus yang dibuatnya seketika setelah sebuah Antivirus berhasil mengatasinya. Maka dari itu update sebenarnya adalah langkah yang begitu vital dilakukan karena mencegah si Virus selangkah lebih maju. Kalau males mengupdate manual maka lakukan update auto dengan cara menyetting Antivirus agar bisa melakukan update sendiri saat terdeteksi jaringan internet.
Jangan percaya flashdisk
Buat Standar Operasi membuka flashdisk dari sekarang. Dulu mungkin prosedurnya adalah colok -> buka, ubah menjadi colok -> scan -> buka. Kadang kita lalai dengan melewati prosedur scan akibat terlalu percaya dengan flashdisk yang dicolok. Jangan pandang bulu, mau flashdisk pacar kek, istri kek, bos kek, ahli IT kek, pokoknya SCAN dulu.
Pastikan Real Time Shield selalu hidup
Kadang ada suatu keadaan dimana kamu harus mematikan antivirus untuk menginstall sebuah program karena crack dari sebuah program dianggap virus oleh AV(dalam bahasa komputer biasa disebut kesalahan false positif). Selalu cek Real Time Shield AVmu karena itu ibarat patroli keamanan laptop. Lupa sekali saja maka fatal selamanya dan selamat menginstall ulang jika sistem komputernya udah dirusak.
Hati-hati membuka link atau program dari internet
Belakangan ini saya sering dapat chat dari teman-teman di facebook yang isinya ngaco kuadrat. Biasanya pesan itu berbunyi “hi, LOL look at this http://xxxx”. Usut demi usut ternyata itu adalah link menuju virus. Ternyata setelah tidak bisa lagi menyebar lewat messenger seperti Yahoo dan MIRC akhirnya Virus maker memanfaatkan Facebook. Virus-virus itu biasanya memanfaatkan kelemahan user facebook yang dengan gampang saja memberikan sebuah aplikasi untuk mengakses data pribadinya.
Selain link, selalu hati-hati dengan program yang beredar di beberapa file hosting. Cek dulu komentar orang lain yang sudah terlebih dahulu mendownload programnya karena tidak semua program yang dibagikan adalah asli.
Ikuti cara mencegah virus komputer di atas, saya yakin tidak ada virus yang masuk selamanya..ya SELAMANYA! sebagai bukti ya laptop saya yang udah hampir 2 tahun gak virusan. Dan percaya atau tidak, laptop saya cuma diinstall ulang sekali saja dalam 2 tahun. Itupun karena peralihan OS dari VISTA menjadi SEVEN, cadas kan?

Selamat Hari Batik Nasional 2 oktober 2013

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini berdasar...