Kamis, 02 Agustus 2012

TIPS JIKA KOMPUTER TERKENA VIRUS


TIPS JIKA KOMPUTER TERKENA VIRUS

Virus komputer memang membuat jengkel. Kehadirannya sering kali tidak disadari oleh si pemilik komputer.

Saat ini, para penjahat di balik infeksi virus itu menginginkan komputer beroperasi seperti biasa, sehingga pengguna tidak mengetahui ada yang salah dengan komputer mereka. Dengan begitu, mereka dapat memperoleh akses dan mencuri password atau nomor kartu kredit yang Anda masukkan ke dalam situs internet.



Beberapa tanda jika komputer Anda terinfeksi



- Anda merasakan perlambatan kinerja komputer. Ini bisa jadi merupakan tanda sebuah program jahat tengah berjalan diam-diam.

- Anda terus-menerus mendapatkan iklan pop-up. Ini dipastikan merupakan tanda Anda terkena "adware".

- Anda diarahkan ke situs yang tidak diinginkan untuk dikunjungi. Atau hasil pencarian Anda di internet terlihat aneh. Ini adalah tanda peretas telah berhasil menyusup ke mesin Anda.

Apa yang harus dilakukan?

- Memiliki peranti lunak antivirus sangatlah membantu. Program ini salah satunya dapat mengidentifikasi program jahat dan melumpuhkannya. Jika virus yang menginfeksi mesin tidak terdeteksi, banyak vendor antivirus yang menawarkan layanan untuk menghapus malware dengan berbayar.

- Beberapa vendor antivirus juga menawarkan layanan scanning virus online secara cuma-cuma.

- Anda harus menginstall ulang sistem operasi, jika komputer masih mengalami masalah. Anda harus membackup file-file sebelum melakukan ini.

Bagaimana mengetahui informasi apa yang dicuri?

Sangat sulit menyebutkan apa yang telah dicuri. Tidak semua penjahat mencuri data. Beberapa hanya menjajakan iklan. Beberapa hanya ingin mengganggu hasil pencarian melalui mesin pencari, atau mengarahkan Anda ke situs yang tidak ingin Anda lihat. Beberapa vendor antivirus memiliki database tentang apa yang dilakukan virus dan tidak.

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com